Biaya Membuat Cafe Container

Josefbulvasociety – Wadah kopi kini menjadi trend terbaru. Kafe dan tempat nongkrong anak muda kini mudah ditemukan di berbagai tempat. Tidak hanya di kota-kota besar, kafe juga bisa ditemui di kota-kota kecamatan bahkan di pelosok.

Tentu saja budaya masyarakat Indonesia yang suka bersosialisasi menjadi salah satu alasannya.

Masyarakat kita dikenal sebagai warga yang suka menghabiskan waktu berjam-jam di kafe atau tempat pertemuan lainnya.

Namun jangan salah, selain untuk bersosialisasi, budaya pacaran ini juga bisa digunakan untuk menjalin silaturahmi.

Oleh karena itu, tak salah jika kafe multikonsep bermunculan di berbagai daerah. Bahkan di suatu daerah, mungkin ada dua atau tiga kafe yang menawarkan nuansa berbeda untuk bersantai.

Profesi ini semakin menggiurkan karena banyak anak muda mulai tertarik.

Namun, saat membuka kafe, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain desain dan model bangunan yang akan digunakan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kantin kontainer adalah solusinya.

Wadah kopi ini kompak dan mudah dibuat. Pemiliknya juga tidak perlu khawatir untuk membangun kafe permanen yang membutuhkan banyak biaya dan bahan.

Biaya pembuatan wadah kopi

Pembangunan kafe kontainer cukup cepat dibandingkan dengan bahan yang berasal dari kayu atau semen. Selain itu, wadahnya juga kokoh dan dapat dimodifikasi dengan berbagai cara.

Karena kelebihan tersebut, jika Anda berencana untuk membuka kafe, gunakan wadah sebagai bahan utamanya. Harga peti kemas berukuran besar 20 kaki berkisar antara Rp 12,5 juta hingga Rp 37 juta.

Sementara harga peti kemas ukuran 40 kaki biasanya berkisar antara Rp 18,5 juta hingga Rp 67 juta. Tentunya setelah mengetahui harga beli container, Anda bisa menentukan biaya pembuatan kopi dari container.

Jadi berapa biaya untuk membuat wadah kopi? Kami akan rinci.

Untuk kafe peti kemas kecil dengan konsep yang sedang berkembang, Anda membutuhkan peti kemas berukuran 20 kaki dengan harga Rp 15 juta plus biaya modifikasi sekitar Rp 10 juta.

Setelah itu ditambah biaya aksesoris dan perlengkapan hingga Rp 4 juta. Anda juga harus mempertimbangkan biaya furnitur berupa meja, kursi, peralatan saji dan peralatan masak dengan total Rp 4 juta.

Dengan perkiraan tersebut, membuka kafe kontainer 20 kaki membutuhkan total Rs 33 juta. Tapi ingat, tarif ini belum termasuk sewa tanah, pajak dan sejenisnya.

Tentu saja perkiraan tersebut masih bisa berubah, bisa lebih mahal atau bahkan lebih efektif, tergantung aksesoris furnitur lain apa yang dibutuhkan.

Membuat pembuat kopi

Setelah mempertimbangkan biaya mendirikan kafe, strategi apa lagi yang harus Anda pertimbangkan?

Pilih ukuran wadah

Setiap container didesain dengan ukuran dan fungsi yang berbeda-beda. Anda dapat menemukan kontainer dengan ukuran mulai dari 10 kaki, 20 kaki, hingga 40 kaki.

Nah, sebelum memesan wadah untuk kopi Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkan luas lahan dan kapasitas kafe.

Jika Anda menginginkan kios atau kafe dengan konsep take-out, jumlah kontainer yang dibutuhkan tentu saja tidak berlebihan. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan fungsi ruangan yang dibutuhkan.

Namun, jika Anda berencana membangun kafetaria dengan kapasitas besar, perhatikan bentuk dan desainnya.

Jika Anda menginginkan kafe dengan konsep Kantor container stackable vertikal, desain menjadi faktor mutlak. Selain itu, Anda perlu memperhatikan desain dengan kekuatan wadah yang akan digunakan.

Apakah desain wadah cukup kuat untuk menopang struktur dan elemen kopi lainnya? Atau perlu menambah struktur lain untuk memperkuat bangunan kantin?

Tentukan tema dan tata letak kafetaria.

Pembukaan sebuah kedai kopi tentunya tidak jauh dari isu-isu terkait topik yang akan dibahas. Desain dan kegunaan kafetaria adalah prioritas utama.

Dengan bahan-bahan wadah Anda bisa langsung mendapatkan kesan industrial dan modern di kafetaria yang akan dibuat. Desain ini saat ini digunakan oleh kontraktor kafetaria untuk pemilik apartemen.

Gaya ini menampilkan berbagai bahan, seperti balok terbuka, besi, atau aluminium. Kehadiran elemen logam juga menjadi kunci penting dalam desain interior industrial.

Dari segi warna, gaya industrial biasanya menampilkan warna-warna monokrom atau warna-warna hasil konversi pabrik sebelumnya.

Anda dapat menerapkan gaya ini dengan beberapa cara, termasuk membiarkan elemen wadah terbuka, membiarkan jaringan listrik dan pipa dilengkapi dengan pelindung.

Selain itu, gaya industrial wadah juga terlihat di bagian luar. Anda tidak perlu khawatir untuk menambahkan fasad khusus ke kafetaria yang terbuat dari wadah yang dimodifikasi.

Memang, bentuk wadah secara alami memiliki kesan industrial yang sangat kuat.

Gaya ini juga ditingkatkan dengan penggunaan furnitur gaya pabrik. Pemilik kafe sering menambahkan pernak-pernik berupa kursi bar dari kayu dan besi.

Kursi bar bisa menjadi pilihan yang murah jika Anda ingin menghemat biaya perawatan. Karena dibandingkan dengan sofa, kursi bar sebenarnya lebih tahan lama karena tidak mudah dimakan rayap atau kutu.

Anda juga bisa menambahkan rak logam, meja gulung, gantungan baju, dan stoples.

Namun, bahan wadah tidak hanya cocok untuk gaya industrial. Tren desain interior terbaru juga bisa Anda terapkan, asalkan berani menambahkan berbagai aksen pada bangunan.

Lokasi yang sesuai

Dengan munculnya berbagai tempat pertemuan baru, kafe Anda perlu diselaraskan dengan kebutuhan calon pelanggan.

Oleh karena itu, pilihlah lokasi kafe yang cocok dan strategis. Pastikan harga sewa atau harga jual tanah sesuai dengan budget Anda.

Pastikan Anda mengingat pesaing Anda dalam hal lokasi. Pilihan tempat kerja juga harus didukung oleh riset pasar yang tepat.

Jangan putus asa membuka kafe tanpa mengetahui kondisi persaingan di wilayah tersebut.