Cara Menghubungkan Ponsel Samsung Anda ke TV

Josefbulvasociety –¬†Screen mirroring atau screen sharing belakangan ini menjadi trend terbaru yang dapat digunakan untuk hiburan dan peralatan bisnis misalnya. Setiap ponsel memiliki persyaratan khusus yang harus disesuaikan agar dapat mencerminkan layar secara efektif.

Beberapa versi ponsel Samsung terbaru hadir dengan fitur pencerminan layar default yang disebut Smart View. Berkat fungsi ini, kenyamanan penggunaan hiburan dan kemudahan penyajian menjadi lebih maksimal.

Pembuatan cermin layar adalah cara untuk membuat ulang layar ponsel, tablet, atau komputer Anda di layar TV. Pembuatan cermin layar dari perangkat seluler Samsung memungkinkan Anda untuk berbagi gambar, video dan video atau presentasi yang diunduh langsung ke layar TV Anda.

Untuk perangkat seluler lainnya, Screen Mirroring memerlukan kabel penghubung, seperti kabel HDMI atau MHL, untuk menyambungkan ponsel ke TV. Sedangkan ponsel lain sudah menggunakan koneksi nirkabel untuk menghubungkan ponsel ke televisi, termasuk ponsel Samsung.

Perangkat Samsung terbaru hadir dengan fitur yang dapat mencerminkan layar tanpa perlu kabel. Anda dapat menjelajah di mana saja di dalam ruangan tanpa terikat ke TV.

Untuk mengetahui bahwa perangkat seluler Samsung Anda memiliki pencerminan layar, Anda dapat mengontrolnya dengan dua jari dengan menyeret menu notifikasi dan mencari ikon Smart View.

Pembuatan cermin layar dari ponsel Samsung ke TV cukup sederhana. Apalagi jika smart TV Anda adalah merek yang sama. Pasalnya, kedua perangkat ini hadir dengan fitur yang memudahkan penginstalan. Berkat ini, hanya perlu beberapa langkah untuk menampilkan konten ponsel di layar TV.

Tapi tidak hanya itu, lho. Masih banyak cara lain untuk menghubungkan smartphone Samsung ke TV dengan cara yang tidak kalah praktisnya. Simak penjelasan berita gadget terlengkap ini.

1. Pencerminan layar nirkabel

Samsung telah menyelaraskan opsi berbagi layar nirkabel dengan mengadaptasi Smart TV-nya ke perangkat seluler dan tablet Samsung. Untuk memulai Screen Mirroring, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini.

Pilih opsi pencerminan layar yang ditemukan di TV di menu Sumber.

Pada perangkat seluler Samsung yang kompatibel, pilih ikon Smart View di bagian bawah menu notifikasi dan pasangkan perangkat tersebut.

Periksa apakah kedua perangkat terhubung dengan benar dan layar ponsel ditampilkan di layar TV.

Untuk menghubungkan ponsel Samsung Anda ke TV merek lain, Anda mungkin perlu menggunakan koneksi kabel HDMI atau ponsel dengan adaptor TV.

2. Pembuatan cermin layar dengan kabel

Di bawah ini adalah petunjuk tentang cara melihat konten ponsel Samsung di TV menggunakan kabel antarmuka.

Sambungkan penerima layar nirkabel ke port HDMI yang tersedia di TV.

Nyalakan TV dan hubungkan layar ke input port HDMI yang sesuai. Periksa apakah pemberitahuan koneksi siap muncul di layar TV.

Untuk mengaktifkan fitur pencerminan layar pada ponsel atau tablet Samsung Anda, geser jari Anda melintasi layar dari area notifikasi dan seret ke bawah. Atau, cari opsi Aplikasi Tampilan Nirkabel yang ada di menu pengaturan.

Klik Screen Mirroring, Smart View atau Quick Connect yang ditampilkan di layar ponsel.

Perangkat mencari perangkat penerima yang dapat dihubungkan. Pilih penerima dari daftar perangkat.

Anda mungkin perlu memasukkan PIN di kotak teks PIN, lalu klik Hubungkan.

Tunggu perangkat untuk terhubung ke penerima. Setelah terhubung, layar ponsel akan ditampilkan di layar TV.

3. Menggunakan adaptor MHL

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel MHL. Cara menyambungkan HP Samsung Anda ke TV dengan adaptor ini cukup sederhana, jadi Anda tidak akan direpotkan dengan proses instalasi yang rumit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Beli kabel HDMI dan adaptor MHL-HDMI. Semakin panjang kabel HDMI, semakin besar jangkauan ponsel Samsung Anda.

Colokkan MHL ke port micro USB ponsel Anda. Kemudian sambungkan juga charger ponsel ke port di samping adaptor MHL.

Kemudian colokkan pengisi daya ke dinding dan sambungkan kabel HDMI. Kemudian ujung lainnya terhubung ke port TV.

Untuk kualitas suara yang jernih, seret menu pengaturan ke telepon Anda. Buka Perangkat Saya> Aksesoris, lalu tekan Audio Out dan pilih Surround.