Kelebihan dan Kekurangan Kain Denim

Josefbulvasociety – Awalnya, kain denim adalah sejenis kain katun kasar. Kain jenis ini awalnya digunakan untuk pakaian para penambang. Nama Denim sendiri diambil dari sebuah kota di kawasan Perancis dengan nama Nimes. Awalnya, kain denim itu sendiri diberi nama Serge De Nimes. Seiring waktu, nama itu disingkat menjadi Denim atau De Nimes. Arti kata De Nimes sendiri berasal dari Nimes. Bahan yang dimiliki kain jenis ini sangat kuat. Ini karena bahan ini berasal dari Twill Cotton.

Kain denim jenis ini sangat mudah dicuci, memiliki tekstur agak tebal dan cukup tahan lama. Padahal, jika Anda melihat tekstur yang Anda miliki mirip dengan permadani. Namun, tampilannya lebih tipis dan halus. Pada awal kemunculan material semacam ini hanya ditawarkan satu warna yaitu warna indigo. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya konsumen, saat ini terdapat warna berbeda yang dimiliki jenis kain denim ini. Mulai dari warna hitam, abu-abu, khaki white, biru muda, coklat dan warna lainnya. Bahkan kini ada warna-warna cerah seperti hijau, merah, pink, dan sebagainya.

Pada awal abad ke-17, nama Denim sangat terkenal di Inggris. Setelah diselidiki, ditemukan bahwa Denim tidak diimpor. Tetapi Inggris juga memiliki pabrik Denim sendiri. Sejak abad itu, kain denim menjadi semakin populer di Eropa. Bahkan, namanya juga merambah kawasan Amerika. Dan bahan jenis ini sekarang digunakan untuk membuat konveksi seragam  kerja.

KEUNGGULAN KAIN DENIM

Kain denim memiliki beberapa keunggulan di dalamnya. Manfaat yang berbeda ini membuat jenis bahan ini sangat populer. Berikut ini adalah garis besar manfaat bahan Denim yang terlibat.

1. BAHAN KUAT DAN TAHAN LAMA

Kain denim merupakan salah satu jenis bahan yang bahannya dianggap kuat. Hal tersebut dapat dibuktikan pada awal sejarahnya, dimana kain ini digunakan untuk para penambang. Penambang tidak mungkin menemukan pakaian yang mudah rusak. Dengan bahan yang kuat, bahan jenis ini tahan lama dan tidak mudah rusak.

2. NYAMAN JIKA MEMAKAI

Selain menjadi bahan yang kuat dan awet, produk denim juga sangat nyaman digunakan. Faktanya, beberapa kain denim dengan tekstur yang sedikit fleksibel tidak kalah nyaman untuk dikenakan. Denim orisinal juga sangat cocok untuk berbagai aktivitas yang dilakukan di musim dingin. Hal ini dikarenakan jenis bahan yang relatif tebal.

3. TAMPAK ELEGAN SAAT DIGUNAKAN

Keunggulan bahan Denim selanjutnya adalah memiliki tampilan yang terlihat elegan dan cantik. Dengan tampilan yang elegan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Jenis bahan ini memungkinkannya untuk dipasangkan dengan berbagai jenis pakaian dan aksesori yang bergaya dan membuat pemakainya terlihat lebih elegan.

KEKURANGAN KAIN DENIM

Selain karena banyaknya kelebihan, kain denim juga memiliki beberapa kekurangan. Sebenarnya tidak banyak kekurangan pada bahan denim ini. Bahkan hanya sedikit dari mereka yang tidak mematikan.

1. BANYAK PENYALAHGUNAAN

Kekurangan pertama dari jenis kain denim ini adalah sering mengalami pemalsuan. Hal ini sering terjadi ketika banyaknya orang yang tertarik menggunakan kain jenis ini. Karena itu, orang perlu lebih pandai membedakan mana yang nyata dan mana yang palsu.

2. MODEL MONOTON

Selain itu, Denim Jain juga memiliki kekurangan. Misalnya dari segi model yang cenderung monoton. Anda pasti sudah sering melihat bagaimana model kain denim untuk celana, kemeja dan lain sebagainya itu begitu saja. Ini pasti akan menjadi hal yang membosankan. Meski demikian, bahan jenis ini tetap menarik dan sangat digemari